Mengenal Sejarah Dunlop, Salah Satu Ban Paling Populer di Dunia

No Comments

Sejarah Ban Dunlop– menelusuri legenda dan peristiwa yang membuat nama Dunlop selalu dekat dengan kita.

 

Sejarah Ban Dunlop Terpopuler Di Dunia

  1. Tangan dingin “dokter angin”

John Boyd Dunlop

John Boyd Dunlop

Nama besar Dunlop sendiri berasal dari John Boyd Dunlop, dokter hewan kelahiran Skotlandia 5 Februari 1840. Tidak ada yang menyangka bahwa di kemudian hari dokter hewan yang membuka praktik di Downpatrick, Belfast, Irlandia Utara akan diabadikan sebagai merek ban yang akan menghiasi stripping kendaraan, sirkuit, jalan hingga rak belanja di pasar swalayan di penjuru dunia.

Meski berlatar belakang kedokteran hewan, Dunlop memiliki pengalaman dengan karet dan berangkat dari pengetahuan itu dia mengembangkan ban angin pertama pada 1887. Setelah melalui proses dan pengembangan, di 1889 Dunlop mendirikan perusahaan ban bersama Harvey Du Cros, yang kemudian membeli hak atas patennya.

  1. Bermula dari sepeda roda tiga

    Sejarah Ban dunlop

    Sejarah Ban dunlop

Ilustrasi Dunlop

Ilustrasi ban Dunlop

Dunlop awalnya membuat ban angin untuk sepeda roda tiga milik putranya John Jr. pada Oktober 1887. Dunlop sendiri berniat mengakali rasa nyeri yang dialami putranya saat menggowes sepeda roda tiganya di atas trotar. Setelah dipasang, ban itu kemudian dicoba oleh mereka berdua di halaman rumah Dunlop di Belfast. Tidak berhenti sampai di sana, Dunlop kemudian mengujinya di lapangan Cherryvale dan setelah sukses mengajukan patennya dengan pengakuan terhadap temuan itu dikeluarkan pada 7 Desember 1888.

Kini, bagi kamu yang ingin menyaksikan peninggalan peristiwa bersejarah itu, kamu bisa mengunjungi roda dari sepeda roda tiga milik bocah yang biasa disebut Jhonnie tersebut di National Museum of Scotland di Edinburgh.

  1. Jatuh-bangun hingga hengkang

John Boyd Dunlop

John Boyd Dunlop

Pengembangan dan pengakuan tidak membuat hidup Dunlop dan perusahaannya tanpa hambatan. Dua tahun setelah patennya turun, Dunlop diberi tahu bahwa patennya tidak valid karena ide mengenai konsep ban telah dipatenkan oleh Robert William Thomson di Prancis pada 1846 dan 1847, namun ide itu tidak pernah sampai pada tahap produksi.

Tidak hanya itu, di 1895 karena alasan tertentu, Dunlop memutuskan untuk mundur dari bisnis ban. Satu tahun kemudian, Dunlop berhenti total dari dunia ban dan menjual sahamnya di perusahaan yang dia dirikan bersama Du Cros. Dia kemudian memilih melakoni bisnis kain, melepaskan dunia yang telah membesarkan namanya.

  1. Jangkauan dan warisan global

Ilustrasi ban Dunlop

Ilustrasi ban Dunlop. Sumber: Dunlop

Dunlop Pneumatic Tyre Company adalah nama perusahaan yang Dunlop Du Cross dirikan, dan setelah mengalami proses jatuh bangun, perusahaan yang lahir di Birmingham, Inggris pada 1889 itu kini berkantor pusat di Akron, Ohio, Amerika Serikat.

Hak dan operasionalnya sendiri dipegang oleh beberapa perusahaan, dengan pasar Amerika Utara, Eropa, Australia, dan Selandia Baru dipegang Goodyear Tire and Rubber Company, sementara untuk wilayah Asia (meliputi Jepang, Tiongkok, Indonesia, dan Rusia), Afrika dan Amerika Latin berada di bawah Sumitomo Rubber Industries, dengan merek India dimiliki oleh Dunlop India Ltd.

Kini, meski nama pertama pabrik Dunlop sudah tidak ada, warisannya masih kita gunakan untuk mempermudah mobilitas kita. Untuk menghormati dedikasinya, pada 1980-an Irlandia Utara menampilkan wajahnya di seri uang 10 pound mereka.

Pada 2005, nama Dunlop juga diabadikan di Automotive Hall of Fame, bahkan namanya pun diabadikan di sebuah jalan di Kota Campinas, Brasil, tempat pabrik Dunlop didirikan di negara itu pada 1953.

  1. Pilihan banyak pabrikan

Ilustrasi ban Dunlop

Ilustrasi ban Dunlop

Pengembangan dan inovasi Dunlop selama 120 tahun membuat ban-bannya, baik di lini sepeda motor maupun mobil, menjadi banyak pilihan pabrik automotif. Kiprahnya di dunia balap mobil sejak 1923 membuat Dunlop dipercaya produsen automotif ternama Jepang dan Eropa untuk memasok ban mereka.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment