forgiato.id

Membersihkan Velg Mobil dengan Mudah Selain memiliki peran yang penting, velg mobil juga harus diakui memiliki fungsi yang penting yakni sebagai kosmetik untuk memperindah tampilan mobil. Maka dari itu, tak sedikit pun  orang yang mengganti velg mobil mereka demi untuk mendapatkan tampilan yang sangat memuaskan. Dan oleh karena itu, velg mobil juga sangat membutuhkan perawatan agar tetap terlihat kinclong dan menarik.

Bikin Velg Mobil Tetep Kinclong
Bikin Velg Mobil Tetep Kinclong

Namun sayangnya, kebanyakan orang lebih memperhatikan kebersihan dan detail dari bodi mobilnya. Karena alasan itu, perawatan velg juga terkadang disamakan dengan merawat bodi mobil. Seperti  saat dicuci menggunakan sabun yang sama dan tidak ada proses ‘detailing’ lainnya. Oleh karena itu, sebagai berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat anda coba agar velg mobil anda selalu terlihat bersih, kinclong dan selalu menarik. Berikut ulasannya :

Saat mencuci mobil dan melakukan pencucian di bagian velg, sebaiknya gunakan cairan khusus untuk membersihkan velg. Umumnya, hal ini lebih ditekankan untuk velg yang lebih banyak bernuansa blink atau chrome. Menggunakan sembarangan cairan pencucian untuk velg mobil, berisiko membuat velg mobil menjadi kusam dan meninggalkan bekas sabun.

Setelah mencuci mobil, pastikan bagian velg mobil telah dilap hingga benar-benar kering dan tidak menyisakan bercak air. Gunakan kain halus yang dapat menyerap air dengan baik dan mengeringkan sisa air. Namun jangan sampai anda campurkan lap untuk mengeringkan kaca, body dan juga velg mobil anda. Hal ini dikhawatirkan akan membuat kotoran berpindah dan membuat goresan.

Untuk velg mobil yang memiliki motif jari- jari (mesh) atau juga memiliki banyak palang, biasanya lebih sulit untuk dibersihkan. Cobalah menggunakan sikat halus untuk membersihkan celah-celah sempit di antara palang. Jika dirasa perlu, anda dapat membeli kuas yang dapat digunakan menjangkau celah-celah sempit.

Jika ada kotoran yang membandel, seperti noda aspal, oli atau lumpur yang sudah terlalu lama, maka ulangi terus proses membersihkan dengan cairan khusus velg beberapa kali. Hindarilah penggunaan minyak tanah atau bensin karena bisa  membuat cat velg mobil anda menjadi kusam, atau bahkan luntur (rontok / mengelupas).

Untuk hasil yang memuaskan, bersihkan velg mobil anda keseluruhan secara berkala. Caranya adalah dengan melepas velg mobi andal agar anda dapat membersihkan bagian luar dan dalam atau belakang. Jika tidak dilepas, biasanya Anda hanya membersihkan bagian luar saja. Setidaknya, bersihkan velg secara keseluruhan setiap 6 bulan.

Setelah melakukan perawatan velg dengan membersihkannya secara berkala, penting bagi Anda untuk menjaga komponen satu ini agar kualitas dan kinerja nya tetap optimal. Tak sedikit para pemilik mobil yang mengalami kejadian dimana velg mobilnya mudah berubah bentuk atau penyok. Untuk itu, Blog Beli Onderdil tak akan ketinggalan untuk mengulas dan berbagi informasi mengenai cara untuk merawat velg mobil Anda agar tidak mudah penyok. Simak ulasan berikut ini :

Merawat Dan Membersikan Velg Mobil

 Periksa Kondisi Velg

Hal pertama dilakukan, yakni mengecek seberapa parah penyok atau legokan yang ada pada velg mobil Anda. Jika hanya sedikit tentu saja mungkin tidak perlu diperbaiki, tetapi jika sudah sampai mengganggu performa kendaraan maka akan membahayakan terutama saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Memperbaiki ke Bengkel

Butuh keahlian khusus untuk memperbaiki velg, sebab tak sembarang orang bisa memperbaikinya sendiri. Cara yang dilakukan bengkel bermacam-macam, antara lain dengan diketok, dipanaskan, dan yang terbaru dengan menggunakan mesin canggih, yaitu velg dipres secara khusus.

 Hindari Jalan yang Berubang jika Ingin Awet

Agar kejadian velg penyok tidak kembali terulang maka penting bagi Anda untuk tidak terlalu sering melewati jalan yang berlubang dalam.

 Rawatlah Velg Mobil

Rawatlah velg mobil Anda seperti komponen mobil lainnya. Apalagi mengendarai mobil saat kondisi hujan dianjurkan bagi pemilik mobil selalu cek tekanan angin ban mobil. Di saat cuaca panas, kemudian tiba-tiba hujan maka ukuran tekanan angin ban bakal berubah dan mempengaruhi ketidaksempurnaan ban mobil kamu.

Lalu, jangan pernah kamu mencuci velg mobil dalam suhu panas. Biarkan hingga suhu menurun sampai dingin. Karena jamur akan dapat timbul jika Anda langsung menyiram velg mobil anda dengan air ketika dalam kondisi  panas. Oleh karena itu, jika ingin melakukan pencucian velg mobil, tunggu kondisinya hingga dingin terlebih dahulu.

Leave a Reply