Bagaimana Proses Pembuatan Ban Mobil

No Comments

Pembuatan Ban Mobil– Semua orang pasti mengetahui bentuk dan fungsinya. Biasanya digunakan pada kendaraan, sepeda, gerobak dan sebagainya. Ban juga memiliki kestandaran dan umur dalam penggunaanya supaya tidak menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan.

Proses Pembuatan Ban Mobil

Lalu bagaimana proses pembuatan ban mobil ?

Dalam proses pembuatan ban pada umumnya tidak dapat di bilang mudah, banyak tahap yang harus di lalui untuk memproduksi sebuah ban, karena fungsi ban yang begitu penting untuk kendaraan bermotor tentunya harus diperhatikan dalam pembuatannya agar saat digunakan tidak terjadi trouble. Mengenai pembuatan ban mobil berikut ini prosesnya dari awal pembuatan sampai proses finishing atau quality control :

 Tahap mendesain

Proses pembuatan ban mobil

Proses pembuatan ban mobil

   Memahami melalui penelitian

Mempelajari penggunaan ban mobil dan kebiasaan mengemudi masyarakat untuk memastikan ban mobil kami memenuhi kebutuhan semua konsumen.

  Mengembangkan dan mencampur bahan

Lebih dari 200 bahan masuk ke ban. Ban memiliki peran penting dalam keselamatan, efisiensi bahan bakar, kinerja dan keramahan lingkungan.

    Komponen ini terbagi dalam lima kelompok:

Karet alam: komponen utama lapisan tapak

Karet sintetis: adalah bagian dari tapak ban mobil, van dan 4×4

Karbon hitam dan silika: digunakan sebagai bahan penguat untuk meningkatkan daya tahan

Kabel penguat logam dan tekstil: “kerangka” “ban, membentuk bentuk geometris dan memberikan kekakuan.

Banyak zat kimia: untuk sifat unik seperti resistansi rolling rendah atau pegangan ultra yang tinggi

Mendesain

Fitur utama dari ban mobil penumpang yaitu tapak, bodi dengan dinding samping, dan manik-manik. Tapak adalah yaitu pola yang diangkat dalam kontak dengan jalan langsung. Tubuh mendukung tapak dan memberi ban bentuknya yang spesifik. Manik-manik yaitu adalah karet yang dilapisi, bundel kawat logam yang menahan ban di roda

Sistem komputer sekarang memainkan peran utama dalam desain ban. Perangkat lunak analisis kompleks yang bekerja bertahun-tahun data uji memungkinkan insinyur ban untuk mensimulasikan kinerja desain tapak dan parameter desain lainnya. Perangkat lunak ini menciptakan citra warna tiga dimensi dari desain ban yang mungkin dan menghitung efek dari berbagai tekanan pada desain ban yang diusulkan. Simulasi komputer menghemat uang bagi produsen ban karena banyak keterbatasan desain dapat ditemukan sebelum ban tipe proto benar-benar dirakit dan diuji.

  Tahap Pencampuran Bahan

Langkah pertama dalam proses pembuatan ban mobil adalah yaitu pencampuran bahan baku untuk membentuk senyawa karet. Railcars mengirimkan sejumlah besar karet alam dan sintetis, karbon hitam, sulfur, dan bahan kimia dan minyak lainnya, yang kesemuanya disimpan sampai dibutuhkan. Sistem kontrol komputer mengandung berbagai resep dan secara otomatis mengukur batch tertentu dari karet dan bahan kimia lainnya untuk pencampuran. Mixer raksasa, digantung seperti mixer semen vertikal,untuk mengaduk karet dan bahan kimia bersama dalam batch dengan berat sampai 1.100 ton.

Campuran masing-masing bahan kemudian di remisi dengan pemanasan tambahan untuk melunakkan bauran dan mencampur bahan kimia lainnya. Pada langkah ketiga, batch berjalan melalui mixer lagi, di mana bahan kimia tambahan ditambahkan untuk membentuk apa yang dikenal sebagai campuran akhir. Selama tiga tahap pencampuran, panas dan gesekan diterapkan pada batch supaya untuk melunakkan karet dan merata mendistribusikan bahan kimia. Komposisi kimia setiap batch bergantung pada bagian ban – formulasi karet tertentu digunakan untuk tubuh, formula manik-manik lainnya, dan yang lainnya untuk diinjak.

Setelah satu batch karet dicampurkan,lalu alanjut proses penggilingan kuat yang meremas bets di dalam lembaran yang sangat tebal.Kemudian lembaran ini  digunakan untuk membuat bagian ban yang spesifik. Tubuh ban, contohnya, terdiri dari potongan kain seperti kain yang dilapisi karet.Di Setiap strip kain karet digunakan untuk membuat lapisan yang disebut lapis di bodi ban mobil. Ban mobil penumpang mungkin memiliki empat lapisan di bodi ban mobil.

Untuk manik-manik ban mobil, bundel kawat dibentuk dengan mesin pembungkus kawat. Bundel tersebut kemudian dibentuk menjadi cincin, dan cincin ditutupi karet.

Karet untuk tapak ban dan dinding samping bergerak dari mixer batch ke jenis mesin pengolahan lain yang dinamakan alat pengekstrusi. Pada alat ekstrusi, bets selanjutnya dicampur dan dipanaskan dan kemudian dipaksakan keluar melalui lubang mati – lubang berbentuk – untuk membentuk lapisan karet. Karet sidewall ditutupi dengan lembaran plastik pelindung dan digulung. Tapak karet diiris menjadi potongan dan dimasukkan ke dalam kotak logam datar besar yang disebut buku.

Finishing / quality control. Setelah selesai, ban diperiksa secara visual apakah ada cacat atau tidak. Proses ini tentu saja tidak perlu menggunakan mesin, jadi ketelitian pekerja sangat dibutuhkan sekali. Selain visual, kontrol dilakukan juga dengan pemeriksaan balance dan menggunakan sinar X.

Ban tidak mungkin bisa 100% balance seperti pelek, namun ada batasannya. Jika melebihi batas, berarti ada kesalahan pada proses produksi. Selain itu, kami juga memiliki laboratorium untuk memeriksa sampel ban yang diambil secara acak demi menjaga kualitas.

    Tahap Terakhir

Proses Wrapping / Packaging Merupakan proses terakhir. Setelah dinyatakan siap, setiap ban dibungkus diseluruh permukaannya dengan lilitan plastik secara mekanis menggunakan mesin.

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment